Doa Usaha Istiqomah dan Tawakal

Semangat pagi teman, saya waluyo di sini akan memulai lagi dengan komitmen saya untuk terus menulis setiap hari di blogduit.com sebagai ajang menumpahkan uneg - uneg saya dan juga inspirasi serta visi dan misi perjalanan hidup saya kedepan. Sebelumnya saya ingin sedikit menjelaskan mengenai blogduit.com karena banyak yang mengira blogduit.com ini selalu mengarah pada bisnis atau nilai uang. Padahal bukan itu tujuan saya membuat blogduit.com di awal saya menemukan ide kata duit adalah dari sahabat saya yang sekarang entah dimana keberadaannya karena sudah 1 tahun lebih saya tidak bisa komunikasi dengan beliau. Dulu swaktu saya bersama dengan sahabat saya ini selalu membahas hal yang bersifat prinsip dan mendasar sekali untuk menjalani kehidupan ini kata beliau kita harus punya DUIT, wah saya awalnya juga berfikir bahwa DUIT = UANG, maaf karena memamng bahasa JAWA DUIT = Uang, namun kata DUIT yang di maksud adalah Doa Usaha Istiqomah Dan Tawakal.

WOW,, Saya sangat terkesan sekali ketika teman saya ini sudah berbicara masalah yang 4 ini, dari itulah saya mencoba menuangkan semua inspirasi saya dan juga planing kedepan saya di blogduit.com ini dengan harapan saya bisa menerapkan apa makna yang terkandung dari kata DUIT tadi. Dari referensi yang saya baca dan juga saya mencoba untuk berbagi kepada teman - teman pembaca blogduit.com semoga saja bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi juga bagi teman teman semua.

Mari lah kita coba diskusikan satu - satu dari kata "DUIT"

1. Doa
2. Usaha
3. Istiqomah
4. Tawakal

Oke, kita mulai dari kata DO'A 
Saya kira tidak perlu lagi di jelaskan apa itu do'a, hanya saja sebagai mukadimah saya sedikit tuliskan bagaimana kedudukan dan kehebatan Do'a dalam Islam, di sebuah hadits Imam At-Tirmidzi telah meriwayatkan bahwasanya dari Anas r.a.: Nabi SAW bersabda �Doa adalah otaknya ibadah�. ada juga yang menafsirkan doa itu sumsum nya ibadah, atau intinya ibadah, Kemudian didalam hadits yang lain diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang diterima dari Abu Hurairah r.a.: �Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah selain doa�. Imam Bukhari juga telah meriwayatkan sebuah hadits yang berbunyi: �Barangsiapa yang tidak memohon kepada Allah, maka Dia (Allah) akan marah kepadanya�.

Dalam hadits lain juga Ibnu Mas�ud mengemukakan: �Memohonlah kalian kepada Allah untuk memperoleh karunia-Nya, karena sesungguhnya Allah senang apabila diminta�. (HR. At-Tirmidzi)


Itulah beberapa dasar kenapa kita harus berdoa, Dalam kehidupan yang kita jalani ini kita semua tahu bahwa ada system yang berjalan secara alami dan ada system yang berjalan secara manual atau karena di program oleh manusia sendiri. Namun demikian ada satu faktor X yang terkadang atau bahkan sering muncul di kehidupan kita tanpa sepengetahuan kita, bahkan tanpa kita mau tiba-tiba kejadian itu terjadi atau peristiwa itu muncul dan mau tidka mau kita harus menjalani. Nah inilah yang sering di sebut dengan TAKDIR TUHAN, apa dan bagaimana yang kita mau tidak semua bisa terjadi sesuai dengan keinginan kita, maka sebagai umat manusia kita harus yakin bahwa di luar kemampuan kita ada kemampuan sang Kholiq yaitu Allah SWT. 

Disinilah kita harus mengenal dan mendekatkana diri kita kepada-Nya, slah satunya dengan cara berdo'a sehingga apa yang kita rencanakan akan mendapat ridho -Nya dan akhirnya bisa terwujud sesuai dengan yang kita inginkan. Perbanyakalah berdoa karena berdoa murah, gratis, dan hasilnya bisa sangat luar biasa. Nanti saya akan bahas di lain tema tentang waktu dan tempat yang baik untuk berdoa.

2. Usaha
Siapapun manusia yang hidup didunia ini sudah tidak aneh lagi mendengar kata USAHA dari mulai yang lemah, yang kuat, yang kaya yang miskin semua pasti selalu mengatakan bahwa kita harus usaha, usaha dan usaha, dalam bahasa islam nya sering di sebut dengan kata Ihtiar. Dalam hal ini saya akan berikan satu ketegasan yang sangat mendasar tentang perintah untuk berusaha didalam Alqur'an Allah katakan " Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, hingga kaum itu sendiri yang akan merubah nya" Artinya bahwa apa yang menjadikan kondisi kita berubah atau tidak itu tergantung dari usaha kita.

Untuk itu sangat di wajibkan bagi siapapun yang menginginkan suatu keberhasilan maka tidak ada alasan seidikitpun untuk tidak berusaha, jangan mudah mengeluh, jangan mudah pesimis apalagi putus asa ini sangat dilarang dalam islam juga di katakan di dalam alqur'an janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah SWT. Dalam hal USAHA atau ikhtiar prinsipnya kita harus tekun, ulet, komitmen dengan yang sudah kita program kan, dan tentunya harus di barengi dengan sistem yang baik. Saya yakin semua usaha yang sudah kita lakukan ini tidak akan pernah sia - sia di mata Allah, ada pepatah mengatakan "KERJA KERAS TIDAK PERNAH MENGKHIANATI" Yakin dan percaya bahwa suatu saat Allah pasti akan berikan hasil dari apa yang sudah kita usahakan.

3. ISTIQOMAH
Istiqomah atau bisa dikatakan ajeg atau terus melakukan hal yang di yakini, maka dalam islam lebih erat kaitanya dengan iman dan amal sholeh atau ibadah. Namun demikian bisa juga kita terapkan dalam prinsip kita untuk mencapai kesuksesan di bidang masing-masing yang kita inginkan. Misalkan seorang pedagang yang ingin sukses dalam jualanya maka dia istiqomah menjajakan daganganya setiap hari, seorang atlit istiqomah dalam berlatih, sehingga bisa menjadi juara. Begitu juga kita dalam menjalankan usaha apapun sikap itiqomah sangat penting, artinya jangan mudah terpengaruh dengan hal hal baru yang belum tentu jelas adanya. Jadi bisa diartikan bahwa kita harus Fokus, komitmen dan terus malakukan nya. 

Jadi kesimpulanya Istiqomah lah kita dalam menjalani usaha kita hingga Allah memberikan keberhasilan kepada kita di dunia dan tentunya bisa menjadi amal kebaikan kita juga di kahirat, Aamiin.

4. TAWAKAL

Secara bahasa artinya berserah diri kepada Allah, namun demikian harus kita pahami makna yang sesungguhnya dari kata TAWAKAL, dimana kita berserah diri ini bukan berarti pasrah tanpa ngapa-ngapain ya, jadi harus ada apa yang sudah kita bahas di atas tadi, berdoa, ikhtiar, istiqomah dan terakhir tawakal, kenapa demikian, karena dengan tawakal ini akan membentengi diri kita dari sikap yang berbahaya nantinya, contoh kalau usaha kita gagal atau belum berhasil maka kita tidak putus asa, tidak stress, tidak frustasi. Begitu juga sebaliknya jika kita berhasil kita tidak jadi angkuh, takabur, merasa hebat, merasa puas, danlain sebagainya. Untuk itu sikap tawakal ini sangat penting di pahami supaya kita bisa tetap dalam sikap kebaikan.

Saya kira ini dulu sharing saya di tulisan hari ke dua dalam rangka belajar menulis bersama #30DWC 

#30DWC Hari Ke2

Terimakasih





 







Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Doa Usaha Istiqomah dan Tawakal"

Post a Comment