Berani Gagal Adalah Langkah Awal Menuju Kesuksesan

Bagi kebanyakan pebisnis online, ada satu kata yang sangat  mereka takuti, ada satu kata yang sangat mereka benci dan tidak ingin mereka dengar. Kata itu adalah kegagalan. Ya, kegagalan tentunya sangat ditakuti mereka, termasuk saya pun begitu. Dan bahkan bukan hanya pebisnis online saja, tetapi juga para pebisnis offline pun takut bila usaha nya gagal ini sangat manusiawi sekali. Nah kali ini saya akan sharing tentang bagaimana tips dan trik untuk menghindari kegagalan dalam berbisnis online?

Tips ini saya dapatkan dari pengalaman para masta di bisnis online, dan saya rasakan sangat efektif untuk diterapkan. Tapi harap diingat, ini hanyalah kumpulan tips saja untuk menghindari kegagalan bukan sebuah mantra sakti, jadi tidak ada jaminan bahwa dengan menerapkannya Anda tidak akan gagal. Hanya saja, dengan menerapkannya Anda bisa meminimalkan terjadinya kegagalan dalam bisnis online anda.

Cara pertama untuk menghindari kegagalan adalah dengan berani gagal. Kenapa? Karena pada faktanya memang hampir semua pebisnis online pasti gagal pada awalnya. Saya sendiri juga dulu begitu, pada saat pertama-tama berbisnis online pun saya mengalami kegagalan. Berikut-berikutnya juga begitu, saya terus gagal. Tapi justru dari kegagalan itulah saya bisa belajar lebih baik lagi, Saya pelajari kenapa saya gagal, saya pelajari kenapa saya terkena penipuan, saya pelajari bagaimana cara menghindari penipuan dan kegagalan, dan sebagainya.

Berbagai pelajaran tersebut saya jadikan rujukan untuk langkah langkah berikutnya, sehingga untuk ke depannya saya tidak mengalami kegagalan lagi. Jadi, yang harus Anda lakukan pertama kali untuk bisa sukses berbisnis online adalah dengan sikap berani gagal. Tidak masalah untuk gagal sekarang jika di waktu lainnya Anda bisa menjadi sukses se-sukses-sukses-nya. Termasuk jika setelah Anda menjalankan bisnis-bisnis saat ini Anda gagal, jangan takut, karena akan menjadi pelajaran untuk ke depannya --- tapi saya harap dan berdoa semoga Anda langsung berhasil deh..
Kadang ada teman bertanya kepada saya : apakah kalau saya ikut bisnis online sperti kamu dijamin pasti sukses? Saya pun hanya bisa bilang mudah mudahan bisa walaupun dengan kadar yang berbeda karena di dunia ini tidak ada orang yang bisa menjamin apa yang akan terjadi esok hari, tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan kita lakukan esok hari. Termasuk menjamin apakah kita akan sukses berbisnis online atau gagal.

Urusan kita hanyalah berusaha dan berdoa. Selanjutnya serahkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Apakah nanti sukses atau gagal, itu terserah pada-Nya.
Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha, dan berdoa. Lalu jalani bisnis-bisnisnya dengan jujur, konsisten, penuh semangat. Sekarang masalahnya hanyalah kita mau tidak untuk menjalani proses tersebut?
Ingat, resiko itu selalu ada. Baik untuk bisnis online maupun bisnis offline. Sekali lagi, resiko itu selalu ada, baik untuk bisnis online maupun offline. Sekarang masalahnya, Anda mau tidak untuk menjalaninya?
Ingat baik-baik : hidup Anda tidak akan mengalami peningkatan jika Anda tidak mau berinvestasi, tidak mau mengambil kesempatan dan cenderung selalu menunda-nunda untuk memulai sebuah bisnis. Ini adalah fakta kehidupan.
Semoga ini bermanfaat untuk kita semua.

#30DWC Hari ke 16

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Berani Gagal Adalah Langkah Awal Menuju Kesuksesan"

Post a Comment