Tips Membangun Kebiasaan Menulis

Bagaimana Cara Membangun Kebiasaan menulis ?
Hari ini sudah memasuki hari ke 11 saya mengikuti #30DWC dan rasanya tentu senang sekali teman karena alhamdulillah sekali saya bisa mengirimkan hasil tulisan saya ini ke panitia dan tidak ada satu haripun yang terlewatkan. Melihat informasi yang di sampaikan panitia di group WA saya sangat senang sekaligus priharin juga karena ada beberapa teman lain yang belum bisa fokus menulis sehingga belum bisa setor tulisan setiap hari. Berdasarkan data yang saya baca hampir 75% teman teman lain masih blolong bolong dalam mengirimkan hasil tulisan nya setiap hari. Hal ini membuat saya jadi ingin sekali lebih semangat lagi menulis sehingga bisa memotivasi teman teman yang lain semoga juga ikut menjadi lebih semangat tentunya.

Untuk itu pada kesempatan hari ini saya akan memberikan sebuah tips agar kita bisa membuat karya tulis minimal dalam sehari itu satu pokok bahasan dalam blog kita itu bisa kita postingkan. Pada awalnya kita yang membuat sebuah kebiasaan, namun pada akhirnya kebiasaan itu akan membentuk kepribadian pada diri kita, jadi berhati hatilah dalam menciptakan kebiasaan sehari hari, karena bisa berdampak positif bisa berdampak negatif. Nah di sini saya akan mencoba sharing tentang membentuk kebiasaan positif yaitu "Membangun Kebiasaan Menulis".

Pertama cobalah kita bangun yang namanya kebiasaan dulu teman, ada atau tidak ada ide yang akan kita bahas pada hari itu cobalah untuk tetap membuat sebuah tulisan, luangkan waktu anda 1 jam saja untuk duduk dan sanatai lalau mengetikan kata demi kata di laptop anda atau di notebook anda, maka dengan sendirinya nanti akan muncul ide entah itu bersifat fiktif atau kejadian nyata, nah anda bisa tuangkan aide itu dalam bentuk tulisan.

Yang kedua janganlah anda berfikir bahwa anda harus tau dulu, atau anda harus bisa dulu nih baru anda akan menulis, padahal justru dengan anda menuliskan sekata dua patah kata setiap hari nya maka lama kelamaan kondisi ini akan membuat anda semakin mudah membuat karya tulis. Memang benar sih kalau nantinya anda perlu tahu dasar-dasar membuat karya tulis yang baik dan benar. Tapi jangan berfikir bahwa Belajar menulis itu seperti pelajaran di kelas. akan tetapi, learning by doing, menulis itu belajar dengan mempraktekkan. Sambil belajar,  Anda bisa mulai membangun calon buku best seller  anda. Malah kadang pelajaran TERBAIK berasal dari kesalahan yang anda perbuat.  Jika ada sesuatu yang tidak anda tahu, segera tanyakan, konsultasikan dengan teman di group WA baik secara off line maupun online, jangan biarkan hal ini membuat anda menunda untuk mulai praktek menulis. Ibarat kita mau berjalan nih langkahkan saja satu kaki di depan kaki lainnya, Seperti slogan Nike... �Just do it�!

Kemudian yang ketiga kita harus percaya diri teman, ini masalah yang kerap menimpa banyak penulis pemula. Sering kali kita terlalu sibuk dengan perasaan kita sendiri. Kita merasa belum punya banyak bekal menjalani dunia penulisan ini. Dan, akibatnya kita sama sekali tak pernah memiliki karya tulis. Atau kadang anda merasa belum cukup bagus, merasa belum cukup siap, dan malu jika ada orang lain yang melihat apa yang anda lakukan. Jangan biarkan ini terjadi pada diri anda.  Saran saya STOP! Hentikan kebiasaan yang tidak berguna itu, Sebab masih banyak orang di luar sana yang sebetulnya tidak lebih baik dari anda, tapi karena mereka segera memulainya. Mereka segera melangkah, memulai menuliskan karya mereka. Akhirnya mereka bisa tersenyum karena setiap empat bulan sekali melihat karya tulis mereka diterbitkan!  Dan memang benar, banyak orang yang jauh lebih baik dari anda diluar sana! Tapi, dalam setiap profesi, termasuk di dunia penulisan, selalu terbuka peluang  untuk siapapun untuk memasuki dan sukses di dalamnya, termasuk penulis pemula seperti anda!  Bila mereka bisa, tentu anda juga bisa melakukannya! Sebab bila sudah ada satu, dua, tiga, ribuan bahkan jutaan orang telah sukses menerbitkan karya tulis mereka, maka peluang yang sama juga terbuka untuk Anda. Ibarat menggali tambang emas. Bila sudah ada satu, dua, tiga bahkan banyak orang telah berhasil menggalinya, tentu kesempatan yang sama juga akan terbuka untuk orang lain selain mereka.

Kemudian yang selanjutnya buatlah sekala prioritas dalam hari hari anda untuk memilih waktu menulis, maksud saya jadwalkan waktu yang wajib bagi anda untuk menulis, jadi jangan sampai anda tidak punya waktu prioritas dalam satu hari itu, misalkan anda tentukan sendiri pada jam 6 sd 7 pagi ini adalah waktu anda untuk menulis, maka ketika sudah jam 6 anda harus berhenti beraktifitas yang lain, lakukan menulis apa saja selama satu jam itu jangan pedulikan hal apapun yang sedang terjadi di rumah anda, pokoknya menulis saja nanti anda akan bisa membiasakan diri seperti ini setiap hari maka tidak akan terlewatkan satu haripun bagi anda untuk tidak menulis.

Semoga ide ini bisa menjadikan informasi yang baik bagi teman teman yang masih belum bisa menulis setiap hari, mungkin karena faktor pekerjaan lain atau memang faktor kurang di siplinnya diri anda sendiri. Jangan taku salah dan jangan hanya diem saja teman, lakukan saja ya.. Go Free Writing...

Terimaksih
#30DWC Hari ke 11



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Membangun Kebiasaan Menulis"

Post a Comment