TutorialPengendalian Bercak Cokelat dan Blast Pada Tanaman Padi. carding sofwere

  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhd_1qVSzG6UCyqhKGBDQBW7bVVEWu8yAPk5-4360IWsQ4Vr029r1by3MdTId8b4MhKvUq1j32wtuOw-Dx3cyfJQjMYNKPaTFwvDTRwoBr-MFSA2zGwvAbqavYDFufhD1_5MxqhYXEAbO4s/s1600/bercak+padi.jpg
Disebabkan oleh cendawan Pyricularia oryzae.
Pada tanaman yang terserang terjadi busuk daun yang dimulai dengan adanya bercak berentuk belah ketupat, kemudian bercak meluas menuruti urat tulang daun. Kadang-kadang beberapa bercak bergabung menjadi satu, tanaman tampak seperti terbakar.
Terjadi pembusukan gelang buku pada tanaman padi yang telah keluar malai. Buku yang terserang berwarna coklat, mengkerut, mudah patah. Malai padi tidak terisi penuh bahkanhampa.Terjadi busuk leher (neck rot), pangkal batang tanaman secara keseluruhan mengkerut, berwarna coklat kehitaman, mudah rebah. Malai padi pada tingkatseranganinihampa.Pengendalian diarahkan pada tehnis penanaman yang lebih baik, menghindari pemakaian pupuk Nitrogen yang berlebihan, tanam varietas yang tahan, dan membakar sisa tanaman yang terserang. Jika terlanjur terserang hama blas cobalahmemakairamuansbb.
 
 Bahan:
- Urin sapi 2 liter
- Daun mimba 1 genggam
- Daun tembakau 1 genggam
- Kunyit 1 genggam
- Air 12 liter

Pembuatan:
Daun mimba, daun tembakau dan kunyit dihaluskan kemudian ditambahkan dengan air 12 liter dan didiamkan selama 14 hari. Selanjutnya air rendaman ramuan disaring dan dicampur dengan 2 liter urin sapi yang sebelum sudah diendapkan terlebih dahulu selama 14 hari.

Pengaplikasian:
Dalam pengaplikasian ramuan pestisida ini dilakukan dengan cara disemprotkan ke tanaman padi yang terserang tanpa harus diencerkan lagi. Pestisida ini sangat ampuh untuk mengatasi penyakit Tungro dan Bercak Cokelat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to " TutorialPengendalian Bercak Cokelat dan Blast Pada Tanaman Padi. carding sofwere "

Post a Comment